Terjadinya Bersin Sebagai Ibadah, Kesehatan, Dan Budaya

Beberapa hari ini Saya suka bersin, semua orang juga niscaya pernah bersin, hal ini terjadi di luar kemaun dan merupakan proses alami. Kadang bersin suatu hal yang menyenangkan lantaran melegakan pernapasan tetapi kadang merugikan pada dikala berbicara dengan sahabat akan mengganggu suasana lantaran dianggap menularkan virus dan bakteri.

Mengapa bisa terjadi Bersin ? Secara ilmiah bersin merupakan upaya badan untuk mengeluarkan partikel benda ajaib secara paksa melalui hidung dan mulut supaya tidak masuk ke dalam badan ke sirkulasi darah yang menjadikan penyakit. Bersin di awali oleh rangsangan akhir menempernya partikel benda ajaib yang terhirup udara nafas pada selaput lendir rongga hidung terjadi refleks memasukkan udara penuh ke paru-paru di ikuti kontraksi otot-otot pernafasan dihentakkan besar lengan berkuasa dan keluarlah partikel benda ajaib di sertai lendir.

Ada kabar bahwa Jantung berhenti berdetak dikala bersin. Benarkah ? kabar mengenai jantung berhenti dikala orang bersin ialah tidak benar, tekanan dalam dada dikala orang bersin hanya mengubah tekanan pada denyut jantung tapi tidak membuatnya berhenti, ibarat dikutip dari Menshealth about, Senin (12/9/2011). Tekanan dalam paru-paru akan meningkat kemudian menutup mata dan terjadilah bersin. Adanya perubahan tekanan ini menciptakan irama detak jantung menjadi berubah sehingga beberapa orang menganggap jantungnya berhenti saat bersin.

 hal ini terjadi di luar kemaun dan merupakan proses alami Terjadinya Bersin sebagai Ibadah, Kesehatan, dan Budaya

Apakah teman-teman sering bersin ? Bersin efektif menciptakan badan sehat. Sehari-hari kita membersihkan rumah, membuang debu, menyapu sangat mungkin mengalami bersin mendadak, ini mengambarkan alergi. Artinya bersin bermanfaat membuang kotoran dan mikroorganisme. Lalu berapa sering teman-teman bersin ? Bila orang bersin lebih dari 3 kali dan berturut-turut maka itu mengambarkan terkena penyakit. Penyebab lain bersin lantaran udara hambar dan flu. Sebaiknya periksakan diri ke dokter jangan diangkap sepele.

Oh ya, tahukah teman-teman ? kecepatan udara dikala Anda bersin sanggup mencapai 250 kilometer per jam. Lalu dikala higienis Anda akan mengeluarkan hingga 100.000 butiran kecil lendir dan mikro organisme. Itu sebabnya, dikala bersin sebaiknya Anda menutupi hidung dan lisan lantaran sanggup membahayakan orang lain.

Kepercayaan dan aspek Budaya
Bagi teman-teman yang suka atau pernah pergi ke luar negri atau Negara lain, perlu di ketahui nih Kepercayaan dan aspek Budaya bersin, ibarat berikut ini :

Pada 400 SM jenderal Athena Xenofon menawarkan pidato dramatis yang mengimbau anggota-anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia.Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena, hingga seorang tentaranya menggaris bawahi kesimpulannya dengan sebuah bersin. Karena yakin bahwa bersin ini ialah tanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti perintahnya.

Dalam budaya Islam yang didasarkan pada aneka macam hadist dan anutan Muhammad SAW. Sebuah pola dari hal ini ialah hadist riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berkata: "Ketika salah satu dari kita bersin, biarkan beliau berkata, "Al-hamdu-Lillah" (Segala puji bagi Allah ) , dan membiarkan saudaranya atau pendamping berkata kepadanya, "YarhamukAllah" (Semoga Allah merahmati anda) . Jika ia berkata, "Yarhamuk-Allah", kemudian biarkan [hidung itu] berkata, "Allah wa Yahdeekum yuslihu baalakum" (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda)."

Di Hongaria, Slowakia dan Slovenia dan beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi sehabis seseorang menciptakan pernyataan kadang kala ditafsirkan sebagai konfirmasi dari Tuhan bahwa pernyataan itu benar.

Di Jepang, ada doktrin bahwa bersin ialah tanda bahwa ada orang lain atau seseorang yang berada jauh dari padanya yang membicarakannya atau menjelek-jelekkannya di belakangnya.

Ada keyakinan umum di India bahwa orang yang bersin mengingat atau diingat oleh orang yang disayanginya. Kebanyakan orang India menganggap bersin sebagai sesuatu yang sehat. Tidak bisa bersin ialah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Psychology Today melaporkan bahwa para ilmuwan India menyebut ketidakmampuan untuk bersin sebagai "asneezia"; orang India telah usang memiliki kebiasaan untuk menghirup tembakau sebagai cara untuk menjadikan bersin secara artifisial. 
( sumber : id.m.wikipedia.org/wiki/Bersin )

Belum ada Komentar untuk "Terjadinya Bersin Sebagai Ibadah, Kesehatan, Dan Budaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel