Penyebab, Gejala , Obat Asam Urat Generik dan Herbal




Asam urat sering menjadi momok terutama bagi mereka yang telah memasuki usia senja. Sakit asam urat terasa di bagian persendian terutama di sendi jari-jari tangan dan kaki, mata kaki serta lutut. Asam urat terjadi ketika ada penumpukan zat purin yang mengkristal di persendian. Kadar zat purin di dalam darah yang terlalu tinggi membuat ginjal tidak bisa lagi memprosesnya untuk dibuang bersama air kemih dan keringat. Akibatnya zat purin membentuk kristal yang menempel pada sendi dan lama kelamaan kristal menumpuk semakin banyak dan menyebabkan sakit. Untuk menghindari terjadinya penumpukan zat purin, Anda harus mengurangi konsumsi makanan tinggi purin dan mengkonsumsi obat asam urat generik maupun herbal.

Bagaimana cara membedakan sakit asam urat dan sakit persendian lainnya? Seseorang bisa mengalami asam urat tanpa adanya gejala sakit sebelumnya. Sendi tiba-tiba terasa nyeri dan panas umumnya di sendi ibu jari atau di mata kaki. Rasa nyeri tersebut bisa berlangsung lama bahkan hingga 1 minggu yang menyebabkan sendi susah dan sakit digerakkan. Nyeri pada asam urat tidak disertai demam namun di bagian sendi yang sakit akan nampak memerah dan terasa hangat. Untuk diagnosis yang lebih tepat, bisa dilakukan dengan tehnik laboratorium yaitu memeriksa cairan sendi untuk menemukan kristal zat purin yang menempel. Pemeriksaan bisa juga menggunakan sample darah untuk diketahui kadar zat purin dalam darah.

Bagi Anda yang sudah terdeteksi asam urat dan mengalami gejala asam urat, jangan tunggu lama untuk mengkonsumsi obat agar persendian bisa kembali normal dan Anda dapat beraktivitas dengan lancar kembali. Berikut ini adalah obat generik dari asam urat yang bisa Anda dapatkan di apotek:

  1. NSAID.
Merupakan kependekan dari Non Steroid Anti Inflamasi Drug. Obat ini merupakan pereda nyeri non steroid yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada sendi. Ibuprofen merupakan jenis obat generik NSAID yang paling umum digunakan untuk mengatasi nyeri akibat asam urat.

  1. Colchinie.
Merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi gejala asam urat serta mencegah asam urat kambuh kembali. Dokter bisa meresepkan Colchinie ini jika Anda mengalami gejala asam urat yang sudah parah. Dosis yang dipakai adalah 1 hingga 2 kali sehari. Namun penggunaan Colchinie dalam waktu yang lama bisa merusak ginjal serta hati.

  1. Probenecid.
Merupakan obat untuk mengeluarkan kelebihan asam urat melalui air seni. Jika Anda diberi obat ini oleh dokter, maka imbangi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak yaitu sekitar 2 liter per hari untuk mencegah air seni mengkristal karena kandungan asam urat.

  1. Allupurinol.
Merupakan obat asam urat yang paling banyak diresepkan dokter untuk mengatasi kadar asam urat tinggi. Obat ini memiliki mekanisme kerja menghambat pembentukan asam urat di dalam tubuh sehingga kadar asam urat akan menurun.

Selain obat asam urat generik di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal untuk mengatasi kelebihan asam urat dalam tubuh. Obat herbal tersebut antara lain cuka sari apel, jahe, madu hitam, pisang dan buah apel. Selain mengkonsumsi obat, upaya pencegahan kambuhnya asam urat pastinya lebih disarankan yaitu dengan membatasi diri mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat purin seperti daging merah, ikan laut, jeroan, daging burung, daging bebek, sosis dan kaldu daging.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab, Gejala , Obat Asam Urat Generik dan Herbal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel